Saturday, April 4, 2015

Contoh Resensi Buku Desain Rumah Islami

Rumah Indah dengan Desain Islami
Identitas buku   :
Judul buku : Tata Desain Rumah Islami
Penulis : Miftahul Asror dan Yuli Farida
Penerbit         : DIVA Press
Tahun terbit : 2009
Kota terbit : Yogyakarta
Tebal buku : 235 halaman
Buku ini berisi tentang desain rumah islami. Apa itu desain? Desain adalah gambaran rencana tentang suatu hal yang akan dibuat nantinya. Rumah tentunya bukan hanya sekedar tempat berteduh, tetapi juga sebagai tempat bersantai, kebahagiaan, tujuan pulang, dan lain-lain. Kita membuat rumah pasti tidak langsung asal-asalan membangun, tetapi direncanakan dan dipikirkan dahulu tentang desain dan konsep rumah yang diinginkan. Salah satu diantara desain rumah yang indah dan dianjurkan oleh islam adalah desain rumah islami. Di dalam buku ini diterangkan cara-cara membuat desain rumah islami yang kita inginkan.

Rumah adalah bangunan fisik yang didiami sebagai basis untuk melakukan berbagai aktivitas. Akhir-akhir ini, desain rumah mengalami perkembangan yang sangat cepat, misalnya desain rumah minimalis. Peran desain dan arsitek sangat berpengaruh terhadap keindahan desain rumah. Arsitektur yang islami adalah arsitektur yang berlandaskan nilai-nilai Al-Qur’anul Karim dan Hadits Nabi Muhammad Saw. Bangunan tersebut harus memenuhi beberapa nilai, yaitu tauhid dan risalah, kesadaran terhadap lingkungan dan realitas lingkungan, konsep desain berbasis geometri murni, konsep surga di bumi, konsep cahaya. Ada beberapa fungsi rumah yang sesuai tuntunan Rasulullah, yaitu rumah sebagai masjid, rumah sebagai sekolah, rumah sebagai tempat istirahat yang nyaman, rumah sebagai benteng ruhani, rumah sebagai perwujudan fungsi fisiologis, psikologis, sosiologis, dan dakwah. 
Ada 2 hal yang harus dicermati ketika ingin membuat rumah yang islami, yaitu gambaran rumah dan denah rumah. Beberapa kriteria rumah islami, yaitu memilih lokasi yang tepat, memilih tetangga yang tepat, tidak bermegah-megahan dalam membangun rumah, membuat rumah yang luas dan bersih, bangunan rumah yang baik dan indah, rumah-rumah yang tidak dimasuki setan. Beberapa desain interior rumah islami, yaitu ruang khusus untuk ibadah, kamar orang tua dan anak-anak terpisah, tersedianya kamar tamu, menjadikan dinding rumah sebagai hijab, posisi kloset tidak menghadap kiblat, ornamen-ornamen yang bernuansa dzikrullah.
Beberapa karakteristik rumah tangga islami, yaitu rumah yang di dalamnya selalu didirikan shalat, penghuni rumah senantiasa beribadah kepada Allah, terjadi internalisasi nilai islam secara kaffah (total), terdapat qudwah hasanah (kepemimpinan yang baik), ditegakkan syariat islam, serta penghuni rumah terhindarkan dari hal-hal yang tidak islami. 
Buku ini bagus dan tentunya memberi banyak manfaat bagi semua orang, terutama bagi orang yang ingin membangun rumah. Bahasa yang digunakan mudah dimengerti dan dipahami. Sampul buku juga bagus dan sesuai dengan temanya. Tetapi, ada beberapa kata yang salah dalam penulisan dan juga tidak sesuai dengan EYD. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Resensi Buku Desain Rumah Islami

1 comments:

  1. bagaimana cara memesan buku tersebut...mohon bantuannya karena saya butuh terima kasih..

    ReplyDelete