Friday, April 17, 2015

Contoh Resensi Buku Beternak Bebek Dengan Cara Sederhana

Judul Buku    : Beternak Bebek Dengan Cara Sederhana
Pengarang    : Bambang Tri R Nugroho
Tahun Terbit    : 2008
Penerbit            : Sahabat
Jumlah Halaman : 87 Halaman
Kota Penerbit    : Klaten-Jawa Tengah
Itik adalah sejenis unggas yang senang mencari makanan di tempat yang berair. Hal itu ditunjukkan dari struktur fisik itik yang memiliki selaput pada jari kakinya dan paruh yang lebar dan panjang. Didalam bahasa Jawa itik dikenal dengan istilah bebek. Kelebihan dari beternak itik adalah itik lebih tahan penyakit dibandingkan dengan ayam.
Beternak itik memiliki banyak manfaat karena hampir semua bagian dari itik bisa dimanfatkan. Yaitu daging itik, daging itik dapat diolah menjadi makananyang lezat misalnya itik goreng, itik panggang. Selanjutnya telur itik dapat dijadikan telur asin. Kotoran iti juga dapat dimanfaatkan untuk pupuk tanaman.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat beternak itik, yaitu pertama kandang, kandang merupakan syarat pertama dan harus dipenuhi saat melakukan pemeliharaan dalam jumlah yang besar maupun dlam jumlah kecil, karena kandang berfungsi untuk tempat berlindung dan sebagai tempat tinggalnya. Untuk menghindari kematian itik karena stres, maka lokasi kandang yang tepat untuk kandang itik jauh dari permukiman atau keramaian karena itik akan terganggu jika mendengar keramaian setiap hari. Itik adalah binatang yang suka dengan tempat yang berair maka di dalam kandang itik lebih baik diberi kolam kecil yang bertujuan untuk tempat itik bermain dan mencari makan. Sekitar umur 23 minggu, itik akan mulai bertelur. Jadi didalam kandang perlu disediakan sarang untuk bertelur. Pada musim bertelur penerangan lampu sangat diperlukan pada malam hari. Intensitas cahaya lampu paling sedikt 15 watt untuk 10 m2. Penerangan ini bertujuan untuk meningkatkan keseimbangan penyerapan vitamin D. Syarat yang tidak kalah pentingya yaitu pemberian makan. Itik merupakan hewan pemakan segala, jadi makanan itik bisa berupa nasi basi, jagung, bekatul, tepung ikan, dan tepung tulang, kemudian dijadikan satu untuk makanan itik. Cara memberi makanan itik tidak sembarangan, pada umur 0-16 hari diberikan pada tempat pakan datar (tray feeder). Pada umur 16-21 hari diberikan dengan tray feeder dan disebar dilantai. Selanjutnya pada umur 21hari sampai 18 minggu disebar dilantai. Hal yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandan, kebersihan kandang juga harus dijaga, karena apabila kondisi kandang kotor maka dengan mudah berbagai penyakit akan menyerang itik. Kolera itik, cacar, mata memutih, berak berkapur, lumpuh, merupakan contoh penyakit yang menyerang itik. Penyebab utama penyakit ini yaitu kondisi kandang itik yang kotor dan lembab, sehingga memudahkan bakteri dan kuman lebih cepat berkembang biak.
Kelebihan buku ini adalah dapat memberi pedoman bagi seorang peternak bebek. Kekurangan buku ini adalah penulisan huruf kapital serta banyak menggunakan bahasa yang tidak baku.
Nama : Elly Nur’Aini
Kelas/ No         : 24

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Resensi Buku Beternak Bebek Dengan Cara Sederhana

0 comments:

Post a Comment