Tuesday, April 14, 2015

Contoh Resensi Buku Kitab Akhlak Wasiat Terakhir Gus Dur

Judul Asli      : Kitabul Akhlak
Penulis          : Prof. Ahmad Amin
Judul Buku    : Kitab Akhlak Wasiat Terakhir Gus Dur
Penerjemah   : H. M. Mufti Mubarok
 Penerbit        : QUNTUM Media
Kota Terbit     : Surabaya
Tahun Terbit   : 2012
Jumlah Halaman : vii + 200 Halaman 
Buku terbitan 2012 ini berisi akhlak-akhlak sebagai wasiat terakhir dari KH. Abdurahaman Wachid (Gus Dur), ilmu akhlak merupakan ilmu membahas tentang perbuatan manusia. Di dalam jiwa anusia terdaoat sebuah kekuatan yang memperingati bila akan terjerumus dalam perbuatan jelek, inilah yang disebut hati nurani. Hati nurani bagaikan bisikkan yang timbul dari hati kita.
Dalam kehidupan terdapat dua macam akhlak, yaitu akhlak yang baik dan akhlak yang buruk. Perbuatan baik atau yang biasa disebut akhlak terpuji inilah yang akan menjadi bekal diakhirat nanti, jikalau seseorang memiliki akhlak terpuji yang sangat bagus, niscaya ia akan dimasukkan ke surga. Dan akhlak yang buruk atau yang biasa kita sebut sebagai akhlak tercela.
Di dalam hati manusia pasti memiliki suri tauladan, karena dalam hidup manusia bagaikan pemimpin perahu di lautan luas dengan ombak yang bergelombang. Suri tauladan ini termasuk akhlak yang terpuji, suri tauladan ini juga menjadi pengaruh besar bagi jiwa  para manusia, karena tingkah laku manusia dan sistem dalam hidupnya menunjukkan siapa tauladannya.
Keutamaan - keutamaan dalam berakhlak terpuji bisa berwujud dalam sifat jujur, jujur menggambarkan manusia sesuatu yang diyakini itu benar dan tidak salah,jika seseorang selalu bersikap jujur pasti dia akan memiliki banyak teman dan sangat dipercaya untuk melakukan sesuatu. Selain jujur, keutamaan dalam  berakhlak terpuji juga bisa berwujud dalam sifat keadilan. Keadilan ada 2 jenis, yaitu keadilan untuk diri sendiri  dan keadilan untuk masyarakat atau pemerintah. Agar kita bisa bersifat adil, kita harus bisa menghindari pihak memihak.
Buku ini menggambarkan bagaimana akhlak terpuji itu bisa dilakukan oleh semua orang, dan buku ini bisa dibaca oleh semua orang dari yang kecil sampai yang dewasa, agar mereka bisa menjadi seseorang yang masuk surga di akhirat nanti.
Resensator  : A. Ibnu  Katsir
Kelas/No.   : IX-G/01

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Resensi Buku Kitab Akhlak Wasiat Terakhir Gus Dur

0 comments:

Post a Comment