Friday, April 17, 2015

Contoh Resensi Buku Syari’at Islam Yang Abadi

Judul Asli          : Asyarii’atul Khaalidah Wa muskilatul ‘Ashar
Penulis   : Ahmad Zaki Yamani
Judul Buku   : Syari’at Islam Yang Abadi
Penerjemah   : Mahyuddin Syaf
 Penerbit           : PT. Al-ma’rif
Kota Terbit   : Bandung
Tahun Terbit   : 1986
Jumlah Halaman: 146 Halaman 
 
Buku ini berisi tentang syari’at islam dalam tantangan kehidupan sekarang, tujuan dari buku ini untuk menyorot kedua kenyataan tersebut secara ilmiyah, tapi dengan ringkas dan singkat.

Sebelumnya kita harus mengetahui apa itu syari’at? Syari’at merupakan pusaka ilmiyah uang berharga bagi setiap muslimin. Perkembangan syar’at islam mempengaruhi kehidupan terhadap lingkungan, seperti halnya yang dialami oleh Imam Syafi’i disaat ia pergi ke Bagdad, Mesir. Karena disan banyak pendapatnya dalam ilmu fiqih yang dirubahkan, hingga ia mempunyai mazhab baru.
Tujuan dari agama menjamin terpeliharanya 5 perkara bagi manusi, yakni agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta benda mereka. 
Pengaruh ‘Illat dan hikmah dalam merubah hukum, ulama-ulama mengatakan: “Hukum itu, tergantung kepada’Illat”. Sebagai contoh hukum memperbolehkan berbuka di bulan Ramadhan untuk para musafir, mereka berkata: “’Illat dari hukum itu ialah perjalanan, sedangkan hikmahnya ialah mengindarkan kesulitan”. Maka syari’at dengan pengertian terbatas ini menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk wajib mengikutnya dan menggunakannya sebagai alat untuk memecahkan berbagai masalah.
Buku ini bisa dijadikan sebagai pedoman bagi kita bahwa Islam itu dapat menjawab tantang pada masa kini. Namun buku ini memiliki kelemahan seperti ada beberapa kata yang masih menggunakan ejaan lama.
Resensator : A. Ibnu  Katsir
Kelas : IX-G
NO. Abs.         : 01

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Resensi Buku Syari’at Islam Yang Abadi

0 comments:

Post a Comment